Monday 3 December 2012

10 Pohon Tertua Di Dunia




Pohon termasuk organisme tertua yang hidup  di planet ini.Setidaknya terdapat sekitar 50 jenis pohon yang telah ada selama lebih dari satu milenium,tapi mungkin saja masih ada  pohon-pohon tua lainnya di luar sana yang belum ditemukan.

Pohon bisa hidup begitu lama karena beberapa alasan.Salah satu rahasia umur panjang mereka adalah sistem terkotak pada pembuluh mereka, yang memungkinkan satu bagian dari pohon tersebut mati sedangkan bagian lainnya terus berkembang dan banyak membuat senyawa defensif untuk melawan bakteri atau parasit mematikan.

Berikut ini adalah daftar 10 pohon tertua di dunia yang Cyber4rt kutip dari Wired.

1. Panado

10 Pohon Tertua Di Dunia
Pohon Panado
Meskipun secara teknis Pando bukanlah pohon tertua secara individu,namun koloninya di Quaking Aspen- Utah benar-benar kuno. Pohon Raksasa ini diperkirakan telah ada sejak  80.000 tahun yang lalu, ketika semua nenek moyang manusia masih hidup di Afrika. Tetapi beberapa perkiraan menyatakan bahwa hutannya bisa berusia 1juta tahun, yang berarti Pando mendahului Homo sapiens awal 800.000 tahun.Dengan bobot 6.615 ton, Pando merupakan organisme terberat yang hidup di bumi.

2. Methuselah

Methuselah
Pohon tertua secara individu di dunia yang tumbuh sekitar 10.000 meter di atas permukaan laut di lnyo National Forest, California.Pohon purba ini sudah ada ketika piramida pertama dibangun di Mesir.Tersembunyi diantara kumpulan pinus bristlecone Great Basin di hutan yang disebut Forest of Ancients. Untuk melindungi pohon dari vandalisme,dinas kehutanan setempat tetap merrahasiakan lokasi 
sebenarnya.

3. Zoroastrian Sarv (Sarv-e-Abarkooh)

Zoroastrian Sarv
Cemara raksasa yang tumbuh di Abarkooh, Iran.Menjadi pohon tertua di kawasan Asia, dan merupakan monumen nasional di iran. The Sarv Zorastrian tingginya sekitar 82 feet dengan ketebalan 37,8 feet.

4. Liangermyw Yew

Liangermyw  Yew
Pohon yew umumnya tumbuh di Liangernyw, Wales.Tumbuh sejak Zaman Perunggu di lnggris,berusia antara 3.000 sampai 4.000 tahun.

5. Alerce Tree

Alerce Tree
Pohon cemara nan megah ini ditemukan pada tahun 1993 di sebuah kebun di Pegunungan Andes selatan-tengah Chile. Menggunakan lingkar pohon, para ilmuwan memperkirakan pohon ini berusia 3.620 tahun. Meskipun pohon-pohon cemara Patagonian dapat mencapai ketinggian 150 kaki,namun ketebalannya hanya mencapai beberapa milimeter saja setiap tahun, dan dapat memakan waktu ribuan tahun untuk menjadi dewasa. The Sarv Zoroaster dan yew Liangernyw dianggap lebih tua, tapi Alerce adalah pohon tertua kedua yang usianya bisa dihitung dengan tepat.

6. The Senator
The Senator

Pohon cemara raksasa gundul ini hidup di semi-tropical Big Tree Park Florida, di sela-sela pohon palem.Dengan tinggi sekitar 125-kaki dan berusia sekitar 3500 tahun.

7. Jomorn Sugi

Jomorn Sugi
Pohon cryptomeria dengan tinggi 83 feet dan tebalnya mencapai 53 feet, menjadikannya sebagai konifer terbesar di Jepang. Pohon itu tumbuh di hutan tua berkabut di sisi utara gunung tertinggi di pulau Yakushima Jepang.Diperkirakan usianya paling tidak sekitar 2.000 tahun meskipun ada juga yang mengatakan usianya 
sekitar 7.000 tahun.

8. General Sherman

General Sherman
Sequoia raksasa menjulang setinggi 275 meter,kira-kira setinggi gedung 27 lantai,menjadi pohon individu terbesar (berdasarkan volume) di dunia.Tumbuh di Sequoia National Park - California. Para Imuwan percaya bahwa pohon ini berusia antara 2.300 sampai 2.700 tahun.

9. Te Matua Ngahere

Te Matua Ngahere
Pohon Kauri raksasa yang terletak di bentangan terakhir dari primeval rainforest di Waipoua Forest,Selandia Baru. Pohon ini diperkirakan berusia sekitar 2000 tahun.Dengan ketebalan 52,5 feet,Te Matua Ngahere adalah pohon paling gemuk di Selandia Baru.Te Matua Ngahere, yang berarti "Bapak Hutan" pernah rusak parah akibat badai pada tahun 2007.

10. Jardine Juniper

10 Pohon Tertua Di Dunia
Jardine Juniper
Pohon juniper ini hidup di Hutan Nasional Cache, Utah.Awalnya diperkirakan berumur sekitar 3.200 tahun, tapi penelitian terhadap sampel inti, diturunkan menjadi 1.500 tahun.Dengan tinggi sekitar 40 feet dan lingkar 24 feet.

0 komentar:

Template by : buitenzorg skataduakata.blogspot.com