Wednesday 5 December 2012

~ NIKMAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH


Bismillahirrahmanirrahim

Ada empat perkara, barangsiapa memilikinya Allah akan membangun untuknya rumah di surga, dan dia dalam naungan cahaya Allah yang Maha Agung.

1. Apabila pegangan teguhnya “Laailaha illallah”.
2. Jika memperoleh kebaikan dia mengucapkan “Alhamdulillah”, 
3. Jika berbuat salah (dosa) dia mengucapkan “Astaghfirullah” dan
4. Jika ditimpa musibah dia berkata “Inna lillahi wainna ilaihi roji’uun.” (HR. Ad-Dailami)

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” [Ibrahim 7]

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [An Nahl 18]

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” [Luqman 12]

Memuji Allah juga sebagai Ungkapan Syukur
----------------------------------------------------

“Dari Ibnu Abbas Radhiallahu’anhuma, ia berkata: Ketika itu hujan turun di masa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, lalu Nabi bersabda: ‘Atas hujan ini, ada manusia yang bersyukur dan ada yang kufur nikmat. Orang yang bersyukur berkata: ‘Inilah rahmat Allah’. Orang yang kufur nikmat berkata: ‘Oh pantas saja tadi ada tanda begini dan begitu’” (HR. Muslim no.243)

“Dari Abu Bakrah Nafi’ Ibnu Harits Radhiallahu’anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam biasanya jika menjumpai sesuatu yang menggembirakan beliau bersimpuh untuk sujud. Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah” (HR. Abu Daud)

Nabi seringkali shalat begitu lama untuk bersyukur kepada Allah.

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam biasanya jika beliau shalat, beliau berdiri sangat lama hingga kakinya mengeras kulitnya. ‘Aisyah bertanya: Wahai Rasulullah, mengapa engkau sampai demikian? Bukankan dosa-dosamu telah diampuni, baik yang telah lalu maupun yang akan datang? Rasulullah bersabda: ‘Wahai Aisyah, bukankah semestinya aku menjadi hamba yang bersyukur?’” (HR. Bukhari , Muslim )

“Dan nikmat yang diberikan oleh Rabbmu, perbanyaklah menyebutnya” (QS. Adh Dhuha: 11)

******

“Ya Allah .. Jadikanlah kami termasuk kedalam hamba Mu yang senantiasa berdzikir, bersyukur dan beribadah kepadamu dengan lebih baik lagi .. 

Ya Allah .. Masukkan kami dalam golongan orang-orang yang khusyu....

Segala puji yang tak berbatas hanya bagi Mu ya Allah .. 

Subhanallah, walhamdulillah walaa 'ilaahailallah Allahu akbar
Laahaulawalaaquwwata ilaabilah 

Aamiin ya Allah , ya Robbal alamin ....


0 komentar:

Template by : buitenzorg skataduakata.blogspot.com