Saturday 10 November 2012

Atasi Rambut Berminyak? Kurangi Makanan Berlemak

detail berita
Atasi rambut berminyak

RAMBUT berminyak seringkali menjadi masalah yang mengganggu wanita. Sebelum gangguan tersebut memperburuk tampilan Anda, lakukan antisipasi untuk mengurangi keberadaan rambut berminyak.
Kehadiran rambut berminyak secara umum disebabkan karena adanya kelenjar sebaceous pada kulit kepala yang memproduksi sebum berlebihan. Kerja kelenjar ini biasanya dipengaruhi berbagai faktor, seperti masalah hormonal, stres, iklim yang panas dan lembap, atau kebiasaan terlalu sering menyisir rambut.

Jika dibiarkan, kotoran serta kuman dan bakteri pun jadi lebih mudah menempel di kulit kepala. Tak heran, ketombe pun mulai bermunculan.

Menghadapi kondisi ini, Anda jangan khawatir dibuatnya. Pasalnya, ada banyak cara untuk mengatasi rambut jenis ini. Untuk mengatasinya, Anda cukup memakai sampo yang kandungannya ringan atau diformulasikan untuk jenis rambut berminyak. Atau bisa juga memakai sampo ringan yang sekaligus memberi volume pada rambut.

Untuk memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala berminyak, serta meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan, perbaiki juga pola makan. Misalnya, kurangi makanan yang berlemak dan berbumbu, serta perbanyak mengonsumsi makanan segar, serta minumlah air putih minimal delapan gelas per hari.

Tak hanya itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari mencuci rambut dengan memakai air hangat atau menata rambut dengan peralatan yang bersuhu panas. Sebab, kebiasaan tersebut dapat merangsang kerja kelenjar sebaceous untuk mengeluarkan minyak berlebih, seperti dikutip dari buku Hair Do 201, Basic Personal hair Do dari Puspita Martha Tilaar Beauty School.

0 komentar:

Template by : buitenzorg skataduakata.blogspot.com