Monday 29 October 2012

8 Pertanyaan untuk Windows 8

8 Pertanyaan untuk Windows 8  

Microsoft akan meluncurkan Windows 8 pada akhir bulan ini. Namun, beberapa pertanyaan masih belum terjawab terkait sistem operasi baru ini. Barangkali kutipan wawancara di bawah ini bisa memberi konteks mengapa kita peduli dengan Windows 8 sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut delapan pertanyaan yang belum terjawab itu.
1. Bagaimana penggunaan sync ini terhadap ponsel, termasuk pada perangkat Windows Phone?
Hingga saat ini pengguna Windows Phone telah mengandalkan aplikasi Zune desktop untuk mensinkronisasi file dari PC ke ponsel. Sedangkan untuk Windows 8, Zune akan hilang. Selain itu, Microsoft belum memberi kabar resmi akan menggantinya dengan produk apa.
2. Bagaimana rincian tentang Xbox Music?
Meskipun Microsoft mengumumkan Xbox Music pada Juni, rinciannya masih belum jelas. Layanan ini diperuntukkan dapat menjadi pesaing aplikasi Pandora maupun Spotify dengan fasilitas streaming radio gratis dan langganan musik sesuai dengan permintaan. Akan tetapi, pernyataan resmi tentang spesifikasi harga dan kemasan belum ada.
Selain itu, apakah Xbox Music bisa juga melayani iTunes Apple Cloud yang menjadi gudang online untuk semua musik yang telah dimiliki pengguna?
3. Apa yang spesifik dari SmartGlass?
SmartGlass adalah aplikasi pendamping untuk tablet Windows 8 dan mobile yang memungkinkan pengguna mengontrol serta mengirim konten Xbox 360. Ini juga dapat menampilkan konten tambahan pada layar kecil, sedangkan video dimainkan pada layar televisi.
Sangat bagus memang. Akan tetapi, kita tidak tahu persis bagaimana konten tersebut bekerja untuk aplikasi pihak ketiga, seperti Netflix. Sampai saat ini Microsoft telah menunjuk HBO GO dan memperlihatkan konsep Halo 4 pada SmartGlass. Namun, perusahaan hingga saat ini masih memberikan sedikit informasi.
4. Apakah beberapa aplikasi Microsoft seperti Paint dan Movie Maker akan menjadi lebih modern?
Microsoft akan merilis Windows 8 dengan aplikasi tablet yang dioptimalisasi, seperti Bing, Sport, Finance dan Weather. Bahkan, permainan Solitaire juga akan berubah di sini.
Namun, untuk beberapa aplikasi seperti Paint dan Movie Maker tidak berubah dari desktop. Ini cukup mengejutkan karena aplikasi milik Apple seperti iPhoto dan iMovie menjadi titik jual terbesar untuk iPad.
5. Apa versi upgrade untuk masa mendatang?
Bentuk upgrade Microsoft mendatangkan dilema. Apakah akan tersedia bebas karena berada pada masa iOS dan Android. Atau akan menjadi berbayar? Juga seberapa sering Microsoft akan memberi fitur baru pada versi upgrade itu.
6. Berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk Windows 8 dalam enam bulan ke depan?
Sampai 31 Januari, upgrade ke Windows 8 Professional membutuhkan biaya $40 untuk pengguna Windows XP, Windows Vista, ataupun Windows 7. Setelah itu, Microsoft belum mengatakan berapa harga upgrade untuk Windows 8 ini. Apakah pengguna harus membayar penuh untuk retail copy? kabarnya membutuhkan biaya lebih dari $100. Atau malah lebih murah.
7. Bagaimana Microsoft menjelaskan perbedaan antara Windows 8 dan Windows RT kepada konsumen?
Teknisi yang telah mengikuti perkembangan Windows RT mengetahui perbedaannya sekarang. Windows 8 akan berjalan pada prosesor berbasis x86 dan akan mendukung perangkat originalnya (legacy software). Sedangkan Windows RT akan berjalan pada cip ARM dan tidak mendukung legacy software itu, tetapi cenderung mendorong perangkat yang lebih murah, lebih ramping, dan lebih ringan.
Sebetulnya ini tantangan bagi tim pemasaran Microsoft bagaimana mereka akan mengkomunikasikan kepada konsumen umum. Rata-rata mereka tidak peduli dengan arsitektur prosesor dan hanya ingin segalanya siap untuk bekerja.
8. Berapa banyak aplikasi akan tersedia pada saat peluncuran Windows 8?
Hingga 10 Oktober ini, Microsoft Windows Store di Amerika Serikat telah memiliki 2400 aplikasi. Ini tentu angka yang masih jauh dari target lima digit yang dirilis Microsoft sendiri. Kita tidak tahu apakah akan ada penambahan aplikasi pada saat peluncuran Windows 8 ini.

0 komentar:

Template by : buitenzorg skataduakata.blogspot.com