Monday 15 October 2012

Makanan Ini Bisa Memicu Sakit Kepala


Makanan Ini Bisa Memicu Sakit Kepala  


Jakarta - Anda sering merasakan sakit kepala atau migren? Bila iya, Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang mengeluhkan hal yang sama. Sebagaimana dilansir dari laman Time of India, 15 Oktober, ternyata sakit kepala atau migren bisa timbul karena diet dan makanan tertentu. Bila memang punya sakit kepala atau migren, sepatutnya asupan makanan berikut ini dikontrol. Apa sajakah?

Makanan untuk Program Diet
Sakit kepala adalah ketidaknyamanan atau sensasi semacam tekanan yang dirasakan di kepala. Sedangkan migren adalah jenis umum sakit kepala yang biasanya terjadi di satu sisi kepala. Nah, ternyata diet yang dilakukan seseorang bisa membuat dia sakit kepala atau migren. Ini terjadi karena perubahan diet dapat dengan tiba-tiba mengubah asupan makanan dalam tubuh menjadi sangat rendah kalori.

"Ini dapat menyebabkan sakit kepala, khususnya jika diet tersebut memotong atau mengeliminasi karbohidrat secara penuh. Otak hanya bisa menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar. Sakit kepala dapat juga terjadi karena rendahnya kadar gula dalam darah. Bahkan, asupan minum yang sangat rendah pun bisa memicu sakit kepala," kata konsultan nutrisi Niti Desai.

Tiramin
Tiramin adalah asam amino yang telah diduga memicu sakit kepala. Mekanismenya adalah dengan cara mengurangi kadar serotinin pada otak dan mempengaruhi pembesaran pembuluh darah. Makanan yang mengandung tiramin, misalnya, anggur merah, keju, coklat, dan alkohol.

Minuman beralkohol
Untuk sebagian orang, mengkonsumsi minumal beralkohol jenis apa pun bisa membawa pada migren. Bir, wiski, atau wine mengurangi kadar serotinin (hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia) pada otak dan bisa memicu migren.

Coklat
Coklat bisa memicu migren karena kandungan tiramin. Namun, pada saat yang sama, seorang perempuan bisa mendambakan coklat selama stres dan saat mengalami perubahan hormonal. Dan hal ini bisa memicu sakit kepala. Jumlah coklat dapat menjadi masalah juga karena pasien migren dengan diet tinggi lemak cenderung untuk memiliki lebih sering sakit kepala.

Kopi
Kopi juga bisa memicu migren. "Kopi membuat ketergantungan ringan dan meningkatkan kewaspadaan mental dan konsentrasi sementara. Penarikan konsentrasi yang tiba-tiba ini seringkali menyebabkan sakit kepala, iritabilitas, dan gejala lain yang sangat beragam dari satu orang ke orang lain," kata ahli nutrisi klinis, Dr Nupur Krishnan.

Gula
Gula alami sangat penting karena semua tumbuhan dan hewan menyimpan energi secara kimia dalam bentuk gula. Semua bentuk gula alami menyediakan nilai energi yang sama--empat kalori per gram. Gula alami lebih bagus ketimbang pemanis buatan. Desai mengatakan bahwa dalam persentasi yang sangat kecil, seseorang intoleran terhadap pemanis dan membuat sakit kepala.

0 komentar:

Template by : buitenzorg skataduakata.blogspot.com